Dosen Berprestasi


Momen Pengumuman Dosen Berprestasi FISIP 2021

Halo sahabat!
Sebelumnya tidak lupa saya mengucapkan "Selamat Tahun Baru 2022" meski sudah terlambat. Semoga tahun 2022 kita semua dapat meraih segala apa yang kita cita-citakan. 

Bulan Desember tahun 2021 barangkali menjadi penghujung tahun yang menggembirakan. Ini sama sekali tidak terkait dengan kepentingan untuk menyambut pergantian tahun. Melainkan saya memperoleh penghargaan sebagai dosen berprestasi—sesuatu yang sejujurnya tidak saya duga sebelumnya. Terhadap penghargaan tersebut, saya tidak mengunggah berita gembira ini ke media sosial, dan baru sempat saya tuliskan melalui blog ini. Ada rasa malu sehingga saya memutuskan untuk tidak berbagi ke khalayak media sosial. Maklum, saya ini dosen yang sehari-harinya juga memiliki kesibukan seabreg di luaran sehingga cukup kerepotan dalam mengatur keseimbangan dengan tanggungjawab akademik di kampus hehe.  

Entah menggunakan parameter apa, Senin 6 Desember 2021 saya dinobatkan sebagai dosen berprestasi mewakili dosen Prodi Ilmu Politik FISIP UPN Veteran Jakarta. Penghargaan tersebut sejatinya bukan kali pertama saya peroleh, November tahun 2018 saya juga pernah memperoleh penghargaan yang sama. Informasi yang saya peroleh, indikator penilaiannya adalah dua aspek, yakni skor publikasi yang terdokumentasi dalam platform Sinta dan skor pemanfaataan media pembelajaran lead yang digunakan oleh kampus.  


Jika indikator publikasi internasional yang digunakan, mungkin saya tidak termasuk yang memperoleh penghargaan tersebut. Ada banyak dosen-dosen lain yang lebih layak karena telah memiliki publikasi Internasional yang terindeks scopus. Namun tampaknya karena karya mereka umumnya baru terpublikasi sehingga belum banyak jumlah sitasi yang diperoleh atas karya tersebut. Sementara untuk karya yang sudah saya publikasi, telah memperoleh sitasi di google scholar yang lumayan banyak untuk ukuran di FISIP. Dengan demikian, meskipun saya belum banyak memberikan kontribusi terutama pada salah satu tri dharma dosen bidang penelitian dengan publikasi Internasional yang memadai, jumlah sitasi yang lumayan baik tersebut barangkali menjadi penilaian tersendiri oleh panitia.  

Sekecil apa pun bentuk capaian dan telah mendapatkan apresiasi dari Lembaga di mana kita bekerja—baik kita sendiri mengharapkan atau tidak tentu saja patut untuk disyukuri. Selain bisa menambah semangat untuk terus berkarya, hal ini juga semakin menambah kepercayaan diri bagi saya yg dalam derajat tertentu belum memiliki peran optimal sebagai akademisi.

Terima kasih saya mengucapkan kepada Panitia yang telah memilih saya sebagai salah satu dosen berprestasi tahun 2021. Semoga kita semua senantiasa diberikan kekuatan dan kesabaran, serta semakin produktif dalam menghasilkan karya-karya terbaik untuk pembangunan Indonesia. 


Comments

  1. Proficiat Pak Dosen ... 👏
    Terus berkarya dan mendidik mahasiswanya.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih om. Sukses selalu buatmu juga

    ReplyDelete

Post a Comment